Kamis, 27 November 2008

Astronot Endeavour Akan Boyong Urin Daur Ulang

by netsains.com

Mau mencoba bagaimana rasanya minum air dari proses daur ulang urin sendiri? Wah, nanti dulu ya, tunggu dulu hasik studi lengkap dari tim ilmuwan NASA. Itu hanya salah satu misi dari Endeavour.

Tim astronot Endeavour sukses menunaikan tugas yang dimulai sepekan silam di International Space Station (ISS). Stephen Bowen bersama Shane Kimbrough telah membenahi sejumlah kerusakan. Misi ini memang salah satunya adalah memperbaiki mesin pengubah urin menjadi air minum. Peranti seharga 154 juta dolar ini masih dibutuhkan oleh para kru ISS hingga enam tahun ke depan.

Perbaikan lain jug dilakukan pada bagian sayap kanan ISS yang tidak bekerja baik selama setahun belakangan. Sejak senin kemarin semua kerusakan ini dituntaskan oleh Bowen, dan akan menjadi baru lagi pada selasa waktu setempat.

Air Daur Ulang

Tim astronot ini juga akan mengumpulkan sampel air daur ulang ke bumi untuk diteliti. Air tersebut hasil dari mesin pemroses urin menjadi air minum. Namun air tersebut belum dapat diminum siapapun sebelum melalui tes keamanan. Awak pesawat yang terdiri dari delapan lelaki dan dua perempuan ini juga akan merayakan Thanksgiving di angkasa. Jika tak ada aral, mereka akan kembali ke bumi sabtu mendatang.

Wah, indahnya petualangan luar angkasa. Kapan ya orang Indonesia ikutan?

Diterjemahkan secara bebas dari Associated Press.
Foto: Associated Press

0 comments: