Senin, 24 November 2008

Sistem Komputer IMF Diserang Cracker

Penjahat cyber dilaporkan mengacak-acak sistem komputer badan keuangan dunia,

International Monetary Fund (IMF). Serangan itu terjadi ketika peran IMF dinilai amat diperlukan di tengah krisis ekonomi global sekarang ini.

Serbuan cracker tersebut membuat sistem komputer IMF terpaksa dimatikan dalam beberapa hari. Namun kurang jelas apakah ada informasi penting yang berhasil dicuri.

Serangan program jahat ini dikhawatirkan mengganggu aktivitas IMF yang, bersama Bank Dunia, diharapkan bisa memperbaiki keadaan ekonomi global yang tengah terpuruk.

Adanya penyerbuan cyber tersebut menunjukkan sistem komputer yang diandalkan institusi keuangan global semakin rentan ditembus. Padahal banyak informasi sensitif berada di jaringan komputer IMF, misalnya neraca keuangan bank sentral di seluruh dunia.

"Keamanan elektronik sektor finansial berada dalam bahaya menakutkan. Sektor finansial adalah yang paling jadi sasaran (penjahat cyber-red)," demikian klaim mantan ofisial keamanan komputer Bank Dunia, Tom Kellerman.

Kellerman sekarang menjabat sebagai anggota Commission on Cyber Security for the 44th Presidency, unit penasehat presiden terpilih Barack Obama dalam melindungi sistem komputer Amerika dari kemungkinan serangan cyber.

Adapun pihak IMF sendiri menyangkal bahwa sistem komputer mereka terpaksa dimatikan sebagai akibat serangan cyber. Mereka juga menggarisbawahi bahwa tidak ada informasi finansial penting yang diraup.

"Saya tidak mengetahui apakah ada akibat besar, namun penambahan sistem keamanan telah dilakukan," kata juru bicara IMF, Bill Murray. (FoxNews/detik)

Mohon Maaf pada penyedia informasi ini, karena kesalahan saya, saya lupa mengikutsertakan link dari pembuat artikel ini, jika anda adalah penyedia informasi ini dimohon dengan sangat untuk mengirimkan feedback pada situs saya agar saya dapat menyatakan permohonan maaf dengan tulus

0 comments: